Contoh Surat Nikah Siri Resmi 2019

Hello sahabat mahistor, sudah lama admin gak update nih. Mudah – mudahan kalian dalam keadaan sehat ya, amiin. Pada kesempatan ini admin bakalan bahas topik seru nih, yaitu gimana sih surat nikah siri itu. Eh sebelumnya udah pada tau kan apa itu nikah siri? Kalau belum admin kasih tau seidikit ya.

Apa Itu Nikah Siri ?

contoh surat nikah siri

Perlu kalian ketahui bahwa nikah siri itu adalah sebuah pernikahan yang tidak tercatat di pemerintahan lebih tepatnnya di Kantor Urusan Agama (KUA).

Nikah siri bisa dibilang juga dengan sebutan nikah dibawah tangan.

Sebetulnya pernikahan yang tidak tercatat di kantor urusan agama menurut norma hukum adalah tidak sah. Kata siri itu sendiir berasal dari bahasa arab yang artinya sir atau rahasia. Bila dikaitkan dengan hukum islam, maka nikah siri ini menyatakan perkawinan yang tidak ingin orang lain banyak yang tahu.

Tetapi bertolak belakang dengan UU No. 1 Tahun 1974 mengenai perkawinan yang isinya adalah : “Tiap – tiap perkawinan dicaata menurut peraturan perundang – undangan yang berlaku. Nah gimana nih menurut kalian? hehe.

Surat Nikah Siri

Nah karena web ini dibuat untuk mengisi konten mengenai contoh surat – surat, jadi admin lebih fokus pada conbtoh surat nikahnya. Admin pernah mendengan adanya dua sumber yaitu surat nikah siri resmi dan palsu. Apa kah itu benar ? Lalu gimana buatnya ?

Tenang, admin bakalan kasih contohnya deh langsung ke kalian. Yuk disimak terus, hehe.

Oiya ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum membuat surat nikah siri, apa saja ?

  1. Identitas Istri
  2. Identitas Suami
  3. Nama Surat
  4. Isi Pernyataan
  5. Saksi
  6. Penutup
  7. Cantukan saksi yang hadir pada saat melakukan nikah siri

Berikut contoh surat sirinya :

SURAT PERNYATAAN NIKAH AGAMA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                   : Fulan
Tempat, Tgl lahir               : Bandung, 12 maret 1988
Umur                     : 30
Pekerjaan                           : Wiraswasta
Alamat                                : Komplek Buah No 3 Bandung, Jawa Barat

menyatakan bahwa :

Nama                   : Fulanah
Tempat/Tgl lahir     : Tasik, 04 Juni 1980
Umur                    : 28
Pekerjaan             : Guru
Alamat                 : Kp Pasir Nangka, Tasik, Jawa Barat

Adalah istri saya yang telah saya nikahi secara sah menurut hukum dan syari’ah Islam pada tanggal 1 Januari 2017 dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Apabila di kemudian hari terdapat hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya bersedia untuk mempertanggunjawabkannya sesuai hukum yang berlaku.

Bandung, 12 September 2017

Saksi I                                                              Saksi II                               Yang menyatakan,

(Asep)                                                         (Jajang)                                  (Fulan)

Mengetahui,
Ketua RT 008

(Sumarno)

Leave a Comment