Macam Macam Senjata Tradisional Yang Unik Di Indonesia

Senjata tradisional merupakan salah satu instrumen budaya indonesia yang menjadi perhatian publik, Khususnya di lembaga pendidikan. Karena diketahui, senjata tradisional merupakan benda yang memiliki peran dalam membantu  kehidupan pada masa dulu. Peran Yang dimaksud dalam hal fungsinya sebagai alat untuk bertani, berburu, berperang atau menjadi perlindungan diri baik dari  serangan musuh maupun hewan buas.

Tidak terbayangkan jika waktu itu tidak adanya alat perang tradisional untukk bertahan hidup, maka bukan hanya nyawa saja, daerah pun bisa menjadi  berubah kepemilikannya, dari milik pribumi menjadi milik asing.

senata indonesia
Source: goodnewsfromindonesia.id

Singkatnya, dikala itu senjata perang memang menjadi alat yang benar-benar mutlak adanya. Jika kita mendengar atau  melihat sepintas yang namanya senjata, memang terlihat mengerikan.  Akan tetapi apabila senjata digunakan dengan tepat, justru bisa memberikan  banyak manfaat bagi manusia. Misalnya digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari seabagai peralatan rumah tangga.

Biasanya senjata tradisional terdapat pada rumah adat Indonesia yang menjadi suatu keramat atau warisan nenek moyang pada jaman dahulu yang harus dijaga.

Ada baiknya kita lebih jauh lagi mengenal beberapa senjata tradisional khas Indonesia berikut ini.

Senjata Tradisional Rencong Aceh

Salah satu senjata yang menjadi aset di Aceh ini bisa dibilang mirip dengan pisau, senjata tradisional yang dinamai rencong merupakan senjata tajam dengan panjang  menyerupai pisau. Senjata tradisional ini memiliki sejarah yang kuat di tanah Aceh.

Dimasa penjajahan, masyarakat Aceh menggunakan senjata rencong untuk berperang dan mengusir lawan. Sampai sekarang, masyarakat Aceh masih tetap menjadikan rencong sebagai senjata beladiri.

Belati, Papua

Belati ini berbeda dengan pisau-pisau yang dibuat mengunakan bahan logam. Pisau belati ini salah satu senjata tradisional yang berasal dari Papua, Penduduk Papua menciptakan pisau belati dari bahan dasar tulang. Tulang yang digunakan  merupakan tulang kaki burung kasuari yang masih banyak ditemukan disana.

Tidak hanya pisau belati, busur dan panah juga menjadi senjata tradisional masyarakat Papua,baik itu jaman dulu maupun sekarang.

Parang Maluku

Dijaman masa penjajahan Belanda, Masyarakat maluku memanfaatkan senjata untuk  berperang melawan penjajah dengan menggunakan parang salawaki atau biasa disebut parang. Bila dibandingkan dengan pisau, parang memiliki ukuran yang lebih besar.

Sedikit mengulas sejarah masa kelam di Indonesia, di Maluku, ada sosok pahlawan  yang sangat berjasa besar dalam peperangan melawan pasukan Belanda yakni Thomas Matulessy  atau yang biasa dekenal dengan sebutan Kapitan Pattimura. Nah, Kapitan Pattimura ini menggunakan parang sebagai senjata untuk melawan pasukan Belanda.

Kujang Sunda

kujang
Source: tkardinpisau.co.id

Senata tradisional ini merupakan sebuah senjata unik dari daerah Jawa Barat. Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9, terbuat dari bahan besi, baja, dan bahan pamor, dan  panjangnya sekitar 20 sampai 25 cm, juga beratnya sekitar 30 gram.

Alat ini merupakan perkakas yang mencerminkan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan. Kujang juga melambangkan kekuatan dan keberanian unutk melindungi hak dan  kebenaran.

Mandau, Kalimantan Timur

Senjata unik ini mempunyai ciri jenis alat yang tajam, sejenis parang yang berasal dari kebudayaan Dayak di daerah Kalimantan. Mandau juga termasuk salah satu senjata tradisional Indonesia. mndau memiliki ukiran-ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam dan lubang-lubang yang ditutup dengan tembaga atau kuningan dengan maksud mempercantik bilah mandau.

Masyarakat Kalimantan Timur juga mempunyai senjata-senjata tradisional yang lain. diantaranya yaitu, Anak Mandau, Keris Buritkang, Burak (senjata yang semacam tombak), Sumpitan dan Beliung.

Senjata Tradisional Bali

Masyarakat Bali mempunyai beberapa senjata tradisional. Diantaranya adalah. Tombak, Keris, Kandik, Caluk, Panah, Tiuk, Trisula, Arit Udud dan sebagainya. Namun diantara banyaknya senjata tradisional dari Bali, ada senjata yang paling unik yaitu keris Bali. Keris Bali ini memiliki ukiran-ukiran yang sangat unik pada sisi bilah, gagang dan sarung kerisnya.

Nah itu lah sedikit tentang penjelasan mengenai senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan dari seputar adat dan budaya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment