7 Cara Membuat Filter Kolam Ikan (Koi, Mas, Nila Dan Lain-lain) Sederhana

Mempunyai kolam ikan sendiri di rumah yang bagus tentu sangat diinginkn banyak orang. Dimulai dari pemilihan filter kolam ikan koi misalnya atau susunan dan skema yang bagus dan tepat dalam pembat kolam harus diperhatikan.

Nah kali ini, saya akan coba untuk membuat salah satu artikel berkaitan dengan cara membuat filter kolam sederhana. Nantinya dapat digunakan untuk menambah kolam ikan minimalis anda lebih cantik.

Dengan metode yang sederhana, anda dapat membuat filter kolam yang bagus. Mulai dari pemilihan paralon atau yang lainnya yang bisa dimanfaatkan. Selai untuk ikan koi, bisa juga untuk kolam ikan nila.

Apa Itu Filter Kolam Ikan?

Bagi anda yang belum mengetahui dari pengertian filter kolam atau konsep dasarnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu.

Filter kolam ikan merupakan alat yang didesain untuk kepentingan sirkulasi air kolam ikan. Bentuk dari alat ini bermacam macam mulai dari yang berukuran besar sampai kecil. Atau bahkan dari yang menggunakan daya listrik sampai yang tidak.

Prinsip Dasar Filter Kolam

Image Source: bp.blogspot.com

Pada dasarnya dengan menggunakan filter akan membuat kondisi air kolam lebih bersih dan dinamik.

Artinya jenis filter yang akan membuat air keruh disedot dan dikembalikan kembali dengan memfilterisasi membuat kandungan DO didalam kolam lebih banyak.

Maka dari itu buat anda yang punyai kolam ikan, bisa coba menggunakan filter kolam untuk membuat kondisi air lebih bagus.

Pada filter kolam ikan koi misalnya, seseorang yang memiliki ikan hias ini musti dan harus menggunakan filter. Karena sifat ikan koi membutuhkan banyak oksigen maka anda perlu memilikinya.

Selain untuk menambah kanungan oksigen dan membuat konsidi air jernih, filter kolam ikan juga akan memberikan suara yang air yang tenang.

Jenis Jenis Filter Kolam Ikan

Image Source: files.wordpress.com

Seperti yang telah anda ketahui bahwa manfaat dari memasang alat ini sangatlah penting. Selain untuk menjernihkan air kolam, juga membantu didalam penambahan kadar oksigen terlarut untuk ikan.

Tentunya bukan hanya filter kolam ikan koi saja yang bisa anda buat atau pasang, tapi hal ini juga dapat dipasang untuk ikan jenis lainnya.

Terlebih lagi untuk anda yang hobi didalam beternak ikan hias seperti discus, koki, guppy, louhan dan lain-lain.

Maka dari itu pemilihan dan pemasangan filter kolam yang tepat harus diketahui.

Berikut ini saya berikan beberapa jenis dari filter kolam ikan yang bisa anda pakai. Dari yang sederhana sampai otomatis.

Baca Juga: 11 Desain Kolam Ikan Minimalis Yang Bagus (Indoor dan Outdoor)

Filter Kolam Vortex

Image Source: bp.blogspot.com

Penggunaan dan cara kerja jenis yang satu ini sangat bagus, yaitu menyaring dan kotoran yang telah disedot akan langsung dibuang kedalam pembuangan yang telah disiapkan.

Dapat dengan mudah nantinya kotorang yang ada didalam kolam langsung dihisap oleh filter kolam ikan koi ini.

Kecepatan dan putaran yang sangat tinggi dari vortex inilah yang membuat saya rekomendasikan tidak hanya untuk skala kolam yang kecil. Akan tetapi dapat digunakan pada kolam yang berskala medium.

Selain keunggulan yang telah saya sampaikan diatas, menggunakan vortex ini juga memiliki kelebihan lain.

Kolam ikan anda akan tersuplay dengan oksigen yang tinggi. Selain itu juga terjaga dari keadaan yang bersih dan terhindar dari kotoran yang mengendap. Maka dari itu salah satu fungsi lain adalah bisa mengendapkan ktoran yang terdapat didalam kolam ikan.

Ada beberapa jenis juga yang terdapat untuk jenis vortex ini. Yaitu Tiga Chamber Vortex yang terdiri dari Exit The Pond dan Chamber Pertama.

Filter Kolam Lainnya

Image Source: popeti.com

Dengan memasang filter kolam yang baik dan pas akan sangat menguntungkan bagi keadaan fisik dan kelincahan ikan anda. Maka dari itu filter kolam dibuat dari mulai yang sederhana sampai otomatis.

Pada jenis filter lainnya disini ada beberapa yang bisa anda pakai. Diantaranya adalah Veggie Filter.

Bila anda menggunakan jenis filter yang satu ini, maka kolam ikan anda akan memiliki dampak yang sangat menguntungkan sekali dan sangat besar.

Apa saja itu? Pada konsep filter kolam ikan yang satu ini, anda akan menggunakan tanaman air yang memiliki kualitas yang baik. Yaitu tanaman yang dapat menyerap karbondioksida di dalam kolam ikan. Sehingga akan membantu ikan koi anda semakin sehat dan lincah.

Perlu anda perhatikan bahwasannya didalam penggunaan jenis filter yang satu ini harus sesuai. Karena nantinya ditakutkan bila sembarangan akan mengakibatkan keadaan ikan anda malah memburuk.

Artinya apa? Yaitu anda nanti didalam memilih tanaman yang cocok harus benar-benar bagus dan tidak sembarangan.

Mngkin itu saja yang bisa saya tulis dan sampaikan. Demikian artikel yang berkaitan tentang filter kolam ikan koi bisa saya buat. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Comment