Macam Macam Contoh Surat Peringatan (Kerja, Sekolah, Parpol, Dll)

Bagi sebuah organisasi, sekolah, perusahaan dan instansi lainnya, surat peringatan adalah hal yang pastinya sudah diketahui. Karena document ini merupakan bentuk teguran untuk segelintir orang seperti pekerja karyawan dan guru misalnya yang kurang disiplin atau tidak patuh. Disini saya akan mencoba berbagi kepada kamu mengenai contoh surat peringatan yang mudah untuk dibuat.

Surat peringatan sebenarnya sama seperti surat lainnya jika dilihat dari bentuk formalitasnya. Selain itu juga kebanyakan instansi yang memberikan surat ini adalah Bank kepada nasabahnya. Namun tak jarang, hal ini juga dapat berlaku terhadap guru disekolahan.

Dalam artikel yang akan saya buat ini, kamu akan menemukan beberapa contoh serta cara bagaimana tahapan didalam membuat surat peringatan yang bagus.  Dari berbagai referensi yang akan saya kumpulkan sehingga nantinya bisa kamu pilih yag cocok untuk dibuat panduannya. Nantinya juga akan tersedia link download berupa file berekstensi doc .

Pengertian Surat Peringatan

Surat yang bertujuan untuk menegur kepada seseorang dari sebuah instansi atas kesalahan atau kelalaian yang telah dilakukan. Biasanya surat ini disingkat dengan istilah SP.

Jika dilihat dari fungsinya, surat ini sangat peting dan sangat sensitif karena berurusan dengan status seseorang dikeluarkan atau tidak dalam suatu organisasi.

Membuat surat peringatan pastinya dilatar belakangi oleh sebuah kesasalahan yang dibuat atau dilanggar seorang pekerja, karyawan atau guru. Contohnya seperti bolos, kurang disiplin, tidak hadir didalam rapat, tidak taat terhadap aturan.

Contoh surat peringatan juga bisa kamu temui diruang lingkup akademisi atau pendidikan seperti universitas misalnya. Surat ini biasa diberikan terhadap seorang mahasiswa yang selalu bolos kuliah, melanggar aturan kampus atau juga yang nunggak tagihan SPP-nya.

Perlu kamu ketahui juga ya, surat perigatan (SP) biasanya memiliki sebuah tingakatan seperti talak.

Contoh surat peringatan terdiri dari SP 1, 2 sampai 3. Seperti itulah yang umum saya temui dibeberapa dokumen penting ini.

Seseorang yang terkena surat peringatan 1 dan 2 masih bisa menghirup nafas atau belum dikeluarkan. Namun bila orang tersebut sudah mendapatkan SP 3, maka tak ada lagi ampun untuknya, yaitu dikeluarkan dari organisasi atau instansi tersebut.

Surat peringatan ini juga tidak sembarangan dikeluarkan, hal ini dipertimbangkan atas keputusan beberapa pimpinan dengan rapat dan kesimpulan yang bulat. Maka dari itu yang berhak membuat surat ini adalah seorang pimpinan atau ketua berdasarkan laporan yang real terhadap orang yang bermasalahnya.

Surat Peringatan Organisasi

Pada bagian ini kamu akan disajikan oleh salah satu contoh surat peringatan (SP) dari organisasi. Contohnya seperti ormas, Parpol dan yang lainnya.

Berikut ini salah satu contoh dari surat peringatan suatu organisasi di Universitas.

Surat Peringatan Organisasi

Pada contoh surat peringatan diatas yang telah saya sisipkan mengandung sebuah isi teguran. Tindakan yang dilakukan oleh salah satu anggota dari himpunan tersebut melaggar aturan yang telah ditetapkan.

Maka untuk mengantisipasi hal itu, ketua dari Himpunan tersebut memberikan SP 1 dengan peringatan jika melakukan lagi maka akan langsung diberhentikan dari kepengurusannya.

Document yang sangat sensitif ini sebetulnya jarang sekali kita temui karena sifatnya begitu mengancam.

Surat Peringatan Dari Sekolah

Bila tadi kita lihat contoh surat peringatan yang dkeluarkan dari sebuah organisasi. Kali ini kamu akan disajikan oleh salah satu contoh dari SP yang dikeluarkan sekolah. Misalnya Sekolah Menengah Atas (SMA).

Contoh surat resmi ini sebelumnya kamu bisa download untuk file tipe doc dibawah nanti. Akan saya sediakan link downloadnya.

Surat peringatan yang dikeluarkan oleh sekolah, biasanya tertuju terhadap siswa atau bahkan guru yang melanggar aturan yang telah ditetapkan.  Keputusan yang dikeluarkan oleh kepala sekolahnya tentu sudah dirapatkan berdasarkan pendapat-pendapat yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat contoh surat peringatan tersebut dibawah ini.

Contoh Surat Peringatan Kepada Guru

Berikut ini untuk contoh pertama yaitu SP kepada guru:

Surat Peringatan Sekolah

Contoh Surat Peringatan Kepada Murid / Siswa

Pada bagian ini adalah khusus untuk ditujukan kepada siswa / murid yang telah melanggar.

Surat Peringatan Siswa

 

Leave a Comment