7 Tips Cara Membuat Pola Baju (Dress, Jaket, Kaos) Bagi Pemula | Simpel

Assalamualaikum sahabat. Bagaimana kabar kamu kali ini? Diera yang sudah modern ini sangat banyak orang-orang belajar tentang bagaimana cara membuat pola baju, celana dan yang lainnya.

Karena apa? Hal ini merupakan dasar untuk kamu yang ingin membuka usaha dalam usaha konveksi, seperti gamis, dress dan banyak lagi.
Tentu tidak hanyak kaum wanita saja yang sangat antusias ingin mempelajari membuat pola baju ini. Ada anak muda sampai orang tua. Untuk kamu yang masih pemula, bisa membaca artikel saya ini dengan seksama. Semoga bisa membatu ya.

Berlatih Membuat Pola Mudah (Low Train)

buat pola baju

Bagi kamu yang sangat pemula sekali atau bahkan belum mengeti apa apa terkait pembuatan pola baju. Sebaiknya kamu mulai berlatih dalam membuat pola baju pertama dengan tingkatan yang benar benar gampang atau mudah.

Karena dengan memilih pola  atau desain yang sangat mudah, kamu akan memiliki kemampuan yang bertahap untuk mengusai teknik pembuatan pola mengukur dengan tepat.

Itulah step dasar dari membuat pola baju untuk kamu yang sangat pemula.

Penentuan alur yang gampang serta simpel akan menghindari anda dari perasaan jemu yang biasa muncul waktu kerjakan alur yang susah.

Alur pakaian gamis adalah salah satunya alur yang sangat pas untuk seseorang pemula. Karena, pakaian gamis sendiri, tidak mempunyai banyak lekukan hingga condong gampang dalam pengaplikasiannya.

Membuat Pola Langsung Diatas Kain

menjahit pola baju

Biasanya, pola dibikin diatas kertas terlebih dulu lalu diterapkan ke kain yang akan dibuat. Akan tetapi bila anda seseorang pemula, sebaiknya anda membuat alur langsung di atas kain tak perlu menggambarnya diatas kertas terlebih dulu.

Membuat pola langsung di atas kain condong lebih gampang, ditambah lagi pola yang akan anda bikin sekarang ini ialah alur yang condong simpel. Dengan demikian anda tak perlu mengulang-ulang untuk menggambar hingga kerja anda jadi lebih efektif.

Mengukur Batas Kemampuanmu

Sesudah anda membuat pola pada kain yang akan dibikin, setelah itu waktunya buat anda untuk menjadikan satu alur yang sudah dibikin lewat cara dijahit.

Berikut waktu yang pas buat anda untuk mengukur dan mengasah potensi anda dalam soal tehnik menjahit.

Biasanya, tiap-tiap pola yang dibuat untuk pakaian mempunyai tingkat kesusahan semasing.
Tiap-tiap alur kadang mempunyai beberapa bagian spesifik yang cukuplah susah untuk di jahit terutamanya untuk seseorang pemula. Beberapa bagian berikut yang memerlukan tehnik spesial untuk menjahitnya.

Dari hal itu anda bisa belajar untuk selalu tingkatkan potensi anda dalam soal penambahan dan pembiasaan diri dalam kuasai beberapa tehnik menjahit.

Menggunakan Aksesoris Tambahan

mengukur pola baju

Sesudah anda tuntas menjahit serta menjadikan satu pola-pola yang sudah dibikin barusan, waktunya anda masuk step finishing.

Kadang sesudah semua alur dikumpulkan, tetap saja ada kesalahan-kesalahan kecil yang diketemukan ditambah lagi akhirnya dari seseorang pemula.

Supaya tidak kecewa-kecewa sangat, Kekeliruan atau ketidaksempurnaan itu dapat tertutupi dengan memakai aksesori penambahan seperti pita atau bros hingga pada akhirnya masih tampak cantik serta prima. dengan demikian anda tetap akan semangat belajar menjahit dengan otodidak.

Menggambar Pola Baju (Proses)

Pada proses yang satu ini, kamu akan mulai menggambar sebuah pola yang dibuat. Ada beberapa jenis pada tahap yang satu ini.

Pola Atas

Bagian pola atas terdiri dari  bagian bahu sampai ke bagian pinggang. Umumnya para profesional menyebutnya dengan pola badan bagian belakang dan muka.

Pola Bawah

Berbeda dengan pola bagian bawah, meliputi:

  • Pinggang
  • Lutut
  • Mata kaki

Tiga bagian tersebut merupakan objek dari pembuatan pola bagian belakang. Pembuatan pada tahap ini yaitu dengan mengukur dari pinggang sampai ke lutut dan diteruskan sampai mata kaki.

Pola Dasar Lengan

Pola lengan ialah alur yang dibikin untuk membuat sisi lengan yang mencakup sisi lengan atas sampai siku untuk lengan pendek.

Sedang untuk lengan panjang bisa dilanjutkan sampai ke pergelangan tangan.

Pola Bagian Atas Dan Bawah

Pada bagian pembuatan pola ini, kamu akan mengaplikasikan pembuatan baju secara lanjutan. Biasanya dalam tahap ini diaplikasikan pada pembuatan seperti gaun atau baju terusan lainnya.

Leave a Comment