Contoh Penulisan Data Pada Amplop Lamaran Kerja Yang Benar (Langsung Interview)

Tidak hanya isi dari surat saja yang benar, tetapi penulisan dan kerapihan amplop lamaran kerja juga sangat berpengaruh. Bagi kamu yang akan mengirim surat kerja baik sebagai karyawan di bankatau guru lewat pos, berikut ini ada tips buat kamu.

Penulisan dan tata letak seperti tujuan, pengirim, tanggal dan alamat sangat diperhatikan pada amplop lamaram kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya kita langsung lihat saja ulasannya.

Jenis Amplop

Perlu kamu ketahui bahwasannya pada pemilihan amplop tidaklah sembarangan. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada anda yang akan melamar pekerjaan. Maka dari itu saya buatkan beberapa jenis amplop yang rekomended untuk kamu pakai.

jenis amplop kerja
Source: Tokopedia

Pada gambar diatas kita ketahui bahwa itu adalah amplop yang selalu digunakan dalam mengirim surat lamaran kerja. Bentuknya persegi panjang, memiliki warna coklat dan dibagian belakang terdapat pengunci tali dan kancing.

Amplop ini merupakan wadah yang formal, cocok dan sopan didalam proses pengiriman berkas lamaran kerja. Baik itu suratnya, fotocopy ijazah, pas foto dan yang lainnya. Ciri lainnya terdapat border pada pinggiran amlop tersebut. Oiya, untuk harga amplo lamaran kerja ini yaitu berkisar Rp 2500. Bisa didapatkan di tempat foto copy atau toko buku.

amplop biasa

Kalau yang satu ini adalah amplop biasa yang berukuran kecil sampai sedang. Pada kegunaannya, wadah tersebut banyak digunakan dalam membungkus pemberian berupa uang. Sehingga tidak cocok sekali untuk dijadikan amplop lamaran kerja.

Harga untuk amplop ini biasanya berada pada range Rp 500. Kalau di pas hari Raya Idul Fitri, amplop ini cocok untuk memberikan berupa uang kepada orang lain, supaya terlihat sopan.

Baca Juga: 7 Contoh Surat Tugas Bagi Pemula

Mengunci Amplop

Didalam bahasan ini, akan saya berikan bagaimana cara mengunci amplop lamaran kerja yang bagus dan rapi. Mungkin buat kamu yang baru pertama kalu ngelamar kerja dan tidak tahu bagaimana mengunci amplopnya, bisa dilihat video dibawah ini.

Penulisan Pada Amplop

Tidak hanya isi dari surat lamaran kerja saja yang harus rapih dan bagus, tetapi penulisan pada amplop pun harus diperhatikan. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan hasil kamu melamar pekerjaan tersebut.

Maka dari itu saya akan bagi tips bagaimana kriteria penulisan yang bagus, baik dan bahkan insyaallah sangat menarik perhatian HRD. Berikut saya bagi kedalam tiga bagian.

Tujuan

Penulisan pertama yang penting adalah tujuan. Untuk kamu yang pemula didalam proses lamar-melamar pekerjaan, perlu diperhatikan penulisan pada tujuan perusahaan yang dilamar. Tidak hanya Perusahaan saja, berlaku untuk lamaran kepada Instansi, BUMN dan lainnya.

Gunakan balpoint yang berwarna hitam dan standar kriteria, tidak perlu berwarna-warni sehingga membuat Perusahaan menganggap ketidakseriusan. Selanjutnya memakai kata Yang Terhormat (YTH). Dan diteruskan dengan menulis orang seperti HRD, Personalia atau Kepala Perusahaan.

Baca Juga:  7 Contoh Surat Cerai Yang Sederhana dan Simpel

Pengiriman

Tidak lupa juga terkait pengiriman surat lamaran. Saya sarankan untuk menggunakan bebeapa jasa pengiriman yang cepat dan bertalenta seperti POS, JNE, TIKI dan lainnya.

Karena hal tersebut nantinya akan berhubungan dengan batas waktu lamaran kerja yang kamu masukkan. Maka dari itu pemilihan jenis pengiriman yang cepat sangat diprioritaskan. Selain itu juga pastinya penyimpanannya rapi dan diutamakan.

Tata Letak

tata letak amplop lamaran kerja

Coba perhatikan gambar tata letak amplop lamaran kerja diatas. Kita ketahui bahwasannya ada beberpa letak yang mesti kamu ketahui. Diantaranya adalah Pengirim, Tujuan dan Kode Jabatan Lamaran.

Pengirim terletak pada kiri bagian atas dan tujuan ditulis pada posisi kanan bagian bawah. Sementara untuk jabatan yang diinginkan berada pada kanan bagian atas.

Tips Meletakkan Amplop

Pada bagian terakhir adalah tips bagaimana menjaga amplop lamaran kerja agar tetap rapi. Kebanyakan orang yang saya jumpai ketika akan melamar pekerjaan, menempatkan dokumennya asal-asalan. Ada yang melipat dua dan menyimpannya tidak rapi.

Aga dokumen ini selalu rapi, anda wajib menggunakan wadah seperti tas khusus. Dan fungsinya juga akan membuat penilaian kepada perusahaan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis mengenai pemilihan dan penulisan amplop lamaran kerja ini. Semoga dapat bermanfaat. Bisa kamu kunjungi ke halan home di majalah-historia ini yang masih banyak berkaitan dengan surat atau info lainnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment